Cerita Pendakian Gunung Argopuro | dari Saudara di Bekasi, Jawa

Gunung argopuro
Gunung argopuro ini memang tidak setenar gunung2 lain di jawa ataupun di luar jawa,tetapi tahukah anda kalau gunung ini termasuk salah satu gunung dengan track sangat menarik di dunia dengan :
-rute sekitar 40 kilometer,track terpanjang di jawa
-perjalanan yang sangat jauh, naik turun melewati banyak bukit dan padang havana
-hutan yang sangat-sangat rapat dan sangat alami
-belum banyak pendaki yang datang ke gunung ini
-banyak juga jalur yang bisa membuat kita tersesat
-banyak pacet,merak,ayam hutan,ular,kalajengking dan hewan liar lain nya
-juga harus di ketahui gunung ini juga banyak memakan korban jiwa,silakan di cek ke google….
memang sangat disarankan untuk memakai pandu dalam mendaki gunung ini,kalau tidak salah sekitar 75 ribu untuk 1 hari,kemarin gw dengan kawan2 di bekasi baru selesai bertualang kesana dengan memakan waktu 5 hari dan 4 malam tanpa pandu,benar2 hari yang sangat melelahkan,menguras tenaga juga mental.sekedar info awal february juga ada yang meninggal disana mahasiswa probolinggo di pos cisentor. tetapi di balik itu semua terdapat pemandangan yang sangat menakjubkan!dengan bermalam di setiap pos mungkin gw bisa berbagi cerita bagi kawan2 yang ingin kesana agar persiapan nya lebih matang dan sangat siap.oke kita mulai:
BERANGKAT :
gw mulai dari mendaki lewat desa baderan untuk menuju kesana kita harus ke besuki dulu daerah situbondo jawa timur.jadi gw ambil jalur dari bekasi :
- bekasi menuju stasiun senin
- stasiun senin naik kereta ke malang berangkat  jam 14.05
- sampai di malang jam 07.45  keluar stasiun malang lalu lanjut naik  angkot AMG ke terminal malang arjosari
- dari arjosari lanjut menuju terminal probolinggo
- dari terminal probolinggo naik bis ke arah bondowoso atau banyuwangi lalu turun di alun-alun besuki situbondo
- turun di alun-alun besuki menyebrang ada kantor polisi,lapor dulu untuk menuju desa baderan,dibesuki ini       angkot susah untuk menuju desa baderan jadi siap2 carter mobil atau ada juga ojek.
-sampai di desa baderan turun di pos lapor,isi buku tamu lalu istirahat untuk perjalanan besok pagi
note : bawa uang lebih untuk jaga2 karena ongkos bisa lebih atau bisa kurang dari pengalaman gw sekitar 120 ribu untuk 1 orang menuju baderan versi semua kelas ekonomi.
PULANG :
- desa bremi menuju probolinggo ( waktu bis dari probolinggo menuju bremi hanya ada 4 kali atau sebaliknya bremi – probolinggo yaitu jam : 06.00,08.30,13.00,16.30.untuk dari bremi ke probolinggo terakhir jam 15.30.
- sampai di probolinggo turun di penjualan tiket bus keramat jati untuk membeli tiket ke arah bandung (karena arah jakarta sore hari sudah tidak ada,bis berangkat jam 19.00 sampai bandung jam 12.00
- dari bandung menuju lebak bulus
- lebak bulus pamulang
note : pulang sudah pasti lebih mahal karena gw naik keramat jati exsekutif supaya istirahat lebih manteb.biaya sekitar 300 ribu.
JALUR DAN TRACK PENDAKIAN :
  • berangkat pos lapor baderan jam 08.30, sampai  mata air(pos I) jam 14.45  :  total berjalan 6 jam 15 menit
  • berangkat dari pos I mata air jam 10.00,sampai cikasur (pos II) jam 16.00  :  total berjalan 6 jam
  • berangkat dari cikasur jam 10.00,sampai di cisentor (pos III)  jam 12.45 :  total berjalan 2 jam 45 menit
  • berangkat dari cisentor jam 13.30,sampai rawa embik (pos IV) jam 15.45 : total berjalan 2 jam 15 menit
  • berangkat dari rawa embik jam 04.00 sampai puncak rengganis 05.30 : total berjalan 1 jam 30 menit ( tanpa cariel,hanya bawa air dan sedikit cemilan)
  • berangkat dari puncak rengganis jam 07.00,sampai di puncak tertinggi argopuro jam 08.00 : total berjalan  1 jam
  • puncak argopuro turun ke rawa embik total sekitar 45 menit
TOTAL PERJALANAN MENDAKI SEKITAR : 20 jam 30 menit (note : setiap perjalanan hanya sedikit istirahat)
JALUR TRACK TURUN :
  • berangkat dari rawa embik jam 11.30,sampai di danau taman hidup jam 19.30 total : 8  jam perjalanan dengan 15 menit istirahat
  • berangkat dari danau taman hidup jam 10.00,sampai bremi jam 13.30  total : 3 jam 30 menit dengan 10 menit istirahat
TOTAL PERJALANAN TURUN : rawa embik – bremi sekitar 11 jam 30 menit (note : istirahat hanya 25 menit istirahat)
MATA AIR  DAN POS:
memang gunung ini mempunyai jalur yang sangat panjang,tetapi di gunung ini juga banyak di jumpai air,jadi untuk kawan2 yang ingin mendaki argopuro ini  jangan terlalu banyak bawa yang berat2 termasuk air untuk lebih memaksimalkan tenaga kita,di setiap pos terdapat mata air kok,oke kita mulai bila kita naik melewati baderan:
1. mata air pertama yaitu ada di pos pertama setelah 6 jam berjalan ,tepat di sebelah kiri jalan turun sekitar 30 meter.bila hujan hati2 turun karena sangat licin dan air menjadi keruh,tetapi tetap masih oke lah airnya,ada tempat untuk buka tenda disini.

2.mata air ke 2 yaitu berada di pos kedua setelah berjalan 6 jam  yaitu cikasur,air disini sangat jernih teman dari gresik malah pada mandi.!dengan banyak tumbuhan selada air yang sangat enak bila di sayur maupun di tumis,rasanya pun seperti kangkung,yammi…sangat enak lho,jangan lupa bawa bawang merah dan cabai dari bawah ya.

bila kita sampai di cikasur maka kita akan melihat ada pos di sebrang sungai ini,ambil kekiri untuk melewati sungai  yang sangat jernih ini maka kita sudah tiba di cikasur,air yang sangat jernih dan dingin juga penuh dengan selada air,tempat ini menjadi tempat favorite gw setelah danau taman hidup.

ingat untuk menuju pos selanjutnya cisentor dari cikasur sini ambil jalur ke kanan menaiki bukit,jangan ambil kiri karena akan menuju jember bukan ke puncak!di cikasur ini gw melihat banyak sekali burung merak,memang untuk memfoto burung ini agak susah,tapi temen gw dapat menangkap moment itu pakai handicam dari jarak jauh,puluhan merak gw lihat di daerah ini,bahkan ada yang terbang melewati kepala gw sendiri.suatu pengalaman yang keren banget.
3. mata air ke tiga yaitu pos cisentor,setelah kita berjalan kurang dari 3 jam melipir beberapa bukit lalu akan kita akan turun temui sungai yang jernih dengan kualitas air yang baik,naik sedikit melewati sungai dan kita akan melihat pos cisentor dengan sebuah bangunan kayu,pos cisentor ini pertemuan antara jalur baderan dan jalur bremi,untuk menuju pos selanjutnya yaitu rawa embik dan menuju puncak ambil jalur naik ke kanan,bila kita sudah mencapai puncak dan ingin turun lewat bremi ambil jalur di belakang rumah kayu pos cisentor.

ingat dari pos ini menuju pos selanjutnya rawa embik atau ingin ke puncak ambil jalur naik ke kanan,bila ingin turun ke bremi lewat danau taman hidup ambil jalur lurus ke blakang rumah kayu
4.mata air pos rawa embik.setelah berjalan kurang dari 2 jam kita akan tiba di pos IV  yaitu pos rawa embik sebagai pos dengan mata air terakhir,dari sini perjalanan menuju puncak dapat di tempuh selama 1 jam 30 menit tanpa membawa bawaan berat,hanya membawa depek untuk air dan cemilan,air disini juga sangat dingin dan bersih mengalir deras di tempat seperti parit tepat di samping tanah datar untuk membuka tenda.

“mata air rawa embik”

di pos rawa embik ini air tepat di blakang tenda!dari cisentor setelah berjalan sekitar 3 jam kurang kita sampai di pos rawa embik,bila ingin membuka tenda di pos rawa embik dekat dengan mata air ambil jalur ke kanan menuju tanah datar,tetapi bila ingin berjalan ke arah puncak langsung ambil jalur ke kiri

sekarang saatnya menuju puncak setelah kita mencapai rawa embik,untuk melihat sunrise bisa berangkat dari rawa embik jam 03.30 atau 04.00,kalau bisa tenda di tinggal hanya membawa makanan kecil dan air,dari rawa embik ini menuju puncak memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit,tetapi tergantung kecepatan kalian berjalan sendiri,waktu itu gw dan kawan2 berangkat jam 04.00 menuju puncak rengganis terlebih dahulu sebelum menuju puncak tertinggi argopuro 3088Mdpl.
setelah berjalan 1jam 30 menit tepat pukul 05.30 gw sudah bisa melihat indahnya sunrise di puncak rengganis,sangat indah dan sangat dingin,ini yang gw cari selalu di dalam setiap pendakian udara dingin dan pemandangan indah.

jam 7 lewat kami turun dari puncak rengganis lalu menuju puncak argopuro,meskipun sebagaian kawan sempat malas menuju puncak argopuro tapi akhirnya semua sampai di puncak argopuro 3088Mdpl setelah gw komporin terus dengan semangat,jiahahahahahaaaa……..
puncak argopuro dan puncak rengganis bersebelahan dari rawa embik setelah berjalan sekitar 1 jam maka akan melewati padang rumput kecil,nah disini kita bisa memilih kiri 30 menit ke gunung rengganis dengan jalur tidak terlalu curam dengan pemandangan indah ATAU ke kanan 30 menit menuju puncak tertinggi argopuro dengan jalur yang curam plus pemandangan yang tertutup,itu sebabnya lebih banyak memilih puncak rengganis sebagai tujuan di bandingkan puncak argopuro,tapi gw pribadi harus kedua nya karena memang mendaki gunung ini sangat melelahkan dengan perjuangan hebat.kita sampai di puncak argopuro jam 08.00.

dari puncak argopuro turun sekitar jam 08.30 dan sampai kembali di pos rawa embik sekitar pukul 09.45,rasanya plong setelah mencapai ke dua puncak itu.misi telah selesai mencapai puncak,tapi jangan senang dulu dari pos rawa embik ini turun masih memakan waktu hingga 11 jam lebih!

view persimpangan dari jalur argopuro,bila ingin pulang ke pos rawa embik ambil kiri,tapi bila ingin menuju puncak rengganis ambil jalur lurus kekanan karena memang ke dua puncak bersebelahan seperti yang sudah terlihat difoto ini.
JALUR TURUN :
setelah sampai di rawa embik kita langsung beres2 packing dan masak untuk persiapan perjalanan panjang turun,jam 11.30 kami mulai turun dari rawa embik menuju danau taman hidup,danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah,kabut yang tebal dan air yang sangat dingin,setelah berjalan 8  jam akhirnya kami tiba di danau taman hidup jam 19.30 malam,perjalanan yang sangat-sangat melelahkan,gw sendiri ga menyangka kalau perjalanan turun ini sangat jauh melewati banyak bukit,naik turun dengan semangat yang mulai menipis,plus kena 2 jam berjalan di kegelapan malam yang tidak pernah gw bayangkan sebab jalur yang sangat panjang.
diantara pos cisentor dan danau taman hidup akan melewati 2 mata air,mata air pertama lumayan jauh dari pos cisentor dan memerlukan waktu beberapa jam,lalu mata air ke dua akan kita temui di hutan rapat sekitar 30 menit sebelum danau taman hidup.
 sekitar 6 jam lebih berjalan naik turun bukit kita akan masuk hutan rapat,setelah berjalan sekitar 1 jam 30 menit di hutan rapat kita akan bertemu dengan persimpangan,lurus agak ke kanan itu menuju desa bremi yang masih membutuhkan waktu sekitar kurang dari 3 jam dan sekitar 200 meter ke kiri menuju danau taman hidup.biasa ada plangnya arah disini jadi kita bisa melihat.hutan rapat ini mengelilingi danau taman hidup.sedikit saran untuk para pendaki lebih baik membuka tenda di pinggir hutan dekat danau,karena bila kalian buka tenda di dekat danau banyak lumpur dan air,tanah bergelombang karena rumput,plus pacet,serangga lain nya dan juga tikus gunung

situasi di pinggir danau taman hidup,becek dan berlumpur,lebih baik buka tenda di pinggir hutan karena tanah keras dan rata jadi enak untuk buka tenda untuk istirahat.

ini tempat yang baik untuk membuka tenda,dari sini ke danau hanya 50 meter dan sudah terlihat keindahan nya

pemandangan dari pinggir hutan tempat membuka tenda,gw sendiri buka tenda di pinggir danau,foto ini gw ambil pas lagi pindah ke pinggir hutan untuk memasak di samping untuk melarikan diri dari terik panas matahari pagi .
keesokan harinya sesudah kita mengungsi ke pinggir hutan kami langsung masak dan makan untuk persiapan turun ke desa bremi yang masih membutuhkan waktu sekitar 3 jam 30 menit,sesudah kenyang kami lanjut berjalan menuju hutan kembali.balik ke jalur yang semalam kita lewati menuju persimpangan yang tadi udah gw bahas di atas,dari danau masuk kembali ke hutan (bila anda buka tenda di pinggir danau) ambil kanan masuk kembali jalur kehutan yang semalam kita keluar, lalu jalan sekitar 150 meter dan ambil jalur ke kiri untuk menuju desa bremi,jangan ke kanan yah nanti balik lagi ente jalan 8 jam menuju cisentor perhatikan ini baik2 ini.
jam 10 tepat kita berangkat turun menuju desa bremi,perjalanan melewati turunan yang sangat curam selama 2 jam lebih,lalu akan masuk ke hutan pohon damar yang sangat rapih tersusun.bila sudah melewati hutan pohon damar ini anda bisa bersenang,karena anda sudah berada sangat dengat dengan desa bremi.sampai di pos polisi desa bremi jam 13.30 untuk melapor ,bukan hanya di pos polisi kita melapor tetapi juga kita harus melapor ke warga pengawas pendakian argopuro lewat jalur bremi.misi selesai dengan perjalanan yang sangat melelahkan,menguras tenaga juga mental,
SARAN DAN MASUKAN:
- jangan lupa bawa senter,karena track panjang takut nanti kemalaman mencapai pos
- perlengkapan dingin harus oke,pada malam hari suhu sudah pasti di bawah 5 derajat C
- dalam perjalanan gunakan celana panjang dan sepatu untuk menutupi kaki dari serbuan tumbuhan yang dapat mengakibatkan luka,karena teman gw kemarin tulang kering di bawah dengkul habis tersabat ilalang dan pohon pendek sampai menjadi luka serius sepanjang tulang kering,juga untuk menghalangi binatang kecil membuat luka di wilayah kaki
-gunakan tangan panjang yang berkerah untuk menutupi full badan anda dari sengatan matahari yang sangat panas yang dapat membuat kulit anda terbakar,dan juga untuk melindungi  tangan anda tidak terkena tumbuhan berduri juga binatang  kecil
-jangan jalan malam hari kecuali darurat,usahakan jalan di pagi hari untuk mencapai pos selanjutnya dengan perut sudah kenyang,jangan terburu-buru,jalan bareng kawan lain nya dan saling kasih semanagat.naik turun gunung ini sama saja,karena memang untuk menuju puncak gunung ini haru melewati bukit yang cukup banyak dan juga padang havana yang juga banyak
-gunakan perasaan anda untuk memilih jalur yang tepat,lihat jalur utama dan fokus,karena memang ada banyak jalur pecahan dan pohon tumbang,selagi jalan juga perhatikan jalur yang tertutup rapat karena di balik semak2 rapat itu banyak kayu melintang yang dapat membuat anda tersendung dan jatuh.jalan pelan2 di jalur yang sangat rapat,jangan buru2 berjalan perhatikan jalur dengan mata kebawah
-hati2 di perjalanan khusus nya jalur cisentor menuju taman hidup,banyak sekali kita jumpai pohon api2 atau pohon jancukan,pohon ini dapat menyengat kulit pertama kena seperti tersetrum,sehabis itu panas dan gatal2,di sepanjang jalur ini memang harus extra hati2 karena kita akan melewati habitat tumbuhan ini dengan kondisi yang rapat di kanan kiri.di jalur cikasur menuju cisentor juga banyak pohon ini,tapi tidak sebanyak jalur cisentor menuju danau
pohon jancukan yang sangat rapat,hati2 berjalan.

AKHIRNYA BLCK HIKING TEAM SUKSES MENCAPAI PUNCAK TERTINGGI ARGOPURO DAN RENGGANIS YANG TERKENAL SANGAT PANJANG DENGAN PEMANDANGAN SUPER TOB!